Skip to content

Sepatu Kamu Kotor? 5 Cara Mencuci Sepatu Suede Canvas Agar Bersih dan Awet

Salah satu cara menjaga kebersihan sepatu yaitu dengan mencuci sepatu. Dengan mencuci sepatu, bisa menjaga bentuk dan merawat tampilan tetap menarik. Namun, perlu diperhatikan juga dalam mencuci sepatu, agar material...

Salah satu cara menjaga kebersihan sepatu yaitu dengan mencuci sepatu. Dengan mencuci sepatu, bisa menjaga bentuk dan merawat tampilan tetap menarik. Namun, perlu diperhatikan juga dalam mencuci sepatu, agar material pada sepatu tidak cepat rusak. 

Mencuci sepatu ini penting lho Crews, khususnya untuk kamu yang ingin terhindar dari bau tidak sedap. Bau tidak sedap muncul disebabkan bakteri yang menempel dan juga kotoran yang tidak cepat dibersihkan. Maka dari itu, pada artikel kali ini MinCrew mau kasih tahu tips membersihkan sepatu. Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, ini dia alat dan bahan yang perlu kamu punya untuk merawat sepatu: 

  1. Sikat kasar, berguna untuk menyikat bagian outsole
  2. Sikat lembut Ini berguna untuk menyikat bagian upper
  3. Kain lap Microfiber
  4. Cairan/sabun pembersih sepatu khusus
  5. Suede eraser. Berguna untuk membersihkan area yang kotor khususnya pada area material suede
: Alat-alat untuk membersihkan sepatu suede canvas


Setelah alat dan bahan lengkap, simak tutorial mencuci sepatu di bawah ini: 

  1.  Gunakan sikat lembut untuk membersihkan bagian upper
Cara menyikat bagian atas sepatu suede canvas dengan sikat halus


Kamu bisa memulai untuk membersihkan sepatu dari bagian upper menggunakan sikat lembut. Jika sepatu dalam keadaan basah, sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu, lalu kamu bisa memulai membersihkan bagian yang kotor dengan cara menyikat dengan sikat lembut. Ini berlaku untuk sepatu berbahan canvas. 

  1. Untuk sepatu berbahan suede, gunakan eraser suede untuk membersihkan bagian yang kotor
cara membersihkan noda kotor sepatu menggunakan eraser suede


Untuk sepatu berbahan suede, kamu bisa gunakan eraser suede untuk membersihkan bagian yang kotor pada suede. Ini bertujuan untuk menjaga bahan suede tidak cepat rusak. Jika noda/kotoran tidak kunjung hilang, kamu bisa sikat menggunakan sikat lembut dan sabun.

  1. Gunakan sikat kasar dan cairan pembersih/sabun khusus sepatu untuk membersihkan bagian midsole dan outsole
cara menyemprotkan cairan pembersih ke dalam air dan membersihkan dengan sikat kasar


Saat membersihkan midsole dan outsole, kamu bisa gunakan cairan pembersih/sabun khusus sepatu dan sikat kasar. Ada cara khusus juga saat menggunakan sabun khusus, caranya kamu bisa tuang cairan pembersih ke dalam air, lalu celupkan sikat ke dalam air yang sudah di tercampur dengan cairan pembersih Sepatu. Lalu kamu bisa sikat sepatu pada bagian yang kotor.

  1. Gunakan microfiber untuk membersihkan sisa cairan pembersih pada seluruh sepatu
cara mencuci sepatu yang di bersihkan menggunakan microfiber


Kamu bisa menggunakan kain khusus yaitu microfiber untuk membersihkan sisa sabun atau cairan pembersih yang menempel pada sepatu.

  1. Keringkan sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari
sepatu yang sudah di keringkan


Jika noda pada sepatu sudah hilang dan bersih, kamu bisa mengeringkan di tempat yang memilik suhu ruang atau tidak terkena langsung sinar matahari. Ini bertujuan agar warna material sepatu tidak cepat memudar. Pastikan sepatu kering sempurna agar tidak terjadinya muncul bau tidak sedap.

Nah itu dia cara membersihkan sepatu dengan dicuci. Kamu bisa ikuti cara merawat sepatu di atas jika ingin sepatu kamu tetap terawat dan selalu bersih. Save dan share tips ini jika berguna ya Crews! 

Berikut versi videonya:

Leave a comment

Your email address will not be published..

Cart

Your cart is currently empty.

Start Shopping

Select options