Skip to content

Cara Merawat Sepatu Berbahan Suede

Bahan suede kini mulai sering ditemukan sebagai material utama sepatu. Karakteristik suede yang memiliki ketahanan kuat saat digunakan, menjadi tantangan untuk kita dalam merawat sepatu berbahan suede. Tekstur yang cenderung...

Bahan suede kini mulai sering ditemukan sebagai material utama sepatu. Karakteristik suede yang memiliki ketahanan kuat saat digunakan, menjadi tantangan untuk kita dalam merawat sepatu berbahan suede. Tekstur yang cenderung lembut ternyata rentan akan terkena noda atau kotoran lho, Crews.

Namun kamu nggak usah khawatir. Untuk merawat sepatu berbahan suede ternyata mudah dan simple, juga bahan-bahannya bisa kamu temui sehari-hari. Untuk itu, di sini MinCrew mau kasih tahu cara merawat sepatu berbahan suede khususnya bagi kamu yang punya artikel Slim Caven X, Musac X atau Mutt X agar sepatu suede kamu tetap awet! 

Simak caranya di bawah ini ya Crews!

1.      Bersihkan tanpa menggunakan air dan dalam keadaan kering

Ternyata, bahan suede nggak direkomendasikan untuk terkena air dalam waktu lama. Jika sepatu kamu terkena kotor dan dalam keadaan basah, kamu bisa keringkan terlebih dahulu dengan cara ditekan-tekan dengan pelan oleh kain / handuk kering.

Lalu kamu bisa bersihkan bagian yang kotor dengan cara disikat halus menggunakan sikat gigi / sikat lembut. Nggak disarankan untuk membersihkan bagian yang kotor menggunakan air ya Crews. Ini bertujuan agar menjaga bahan dan warna suede nggak cepat pudar. 

2.      Gunakan sikat halus untuk membersihkan

Bahan suede terbuat dari bagian kulit hewan yang lembut. Jadi, ketika sepatu kamu terkena kotor / noda pada bagian suede, kamu bisa membersihkan area yang terkena noda dengan sikat halus dengan air sabun. Nggak harus semuanya, cukup yang terkena noda aja Crews. 

Jika sepatu kamu terkena kotor berat, kamu bisa sikat menggunakan sikat gigi, air dan sabun khusus pembersih sepatu, lalu bisa bersihkan dengan kain microfiber. 

3.      Gunakan Tepung, Bedak atau Penghapus

Ada trik yang perlu kamu tahu lho Crews saat merawat sepatu suede, yaitu kamu bisa membersihkan area yang terkena kotor / noda menggunakan tepung atau penghapus khusus suede. Kamu bisa gunakan tepung / bedak ketika bagian suede pada sepatu terkena tumpahan minyak / kuah makanan / air hujan, diamkan semalaman, lalu bersihkan menggunakan sikat halus. 

Begitu juga jika sepatu kamu terkena kotor karena debu atau cairan noda seperti lumpur, kamu bisa bersihkan menggunakan penghapus. Trik ini perlu dicoba nih di rumah! 

4.      Gunakan Semprotan Pelindung Suede

Untuk kamu yang memilih “mencegah dari pada mengobati”, kamu bisa gunakan cara yang satu ini. Kamu bisa gunakan spray pelindung suede untuk sepatu. Spray / semprotan ini dapat mencegah bagian suede pada sepatu untuk terkena noda / kotoran yang sulit dihilangkan dan juga menjaga tekstur suede agar tetap dalam kondisi baik. Kamu bisa dapatkan spray pelindung suede ini di toko sepatu atau toko online. 

5.      Taruh sepatu berbahan suede di tempat yang kering

Sederhana tapi kadang pengguna sepatu lupa, yaitu menyimpan sepatu berbahan suede di ruangan yang terkena langsung terik matahari. Untuk menjaga warna dan tekstur bahan suede tetap seperti baru, kamu bisa menyimpannya di suhu ruang yang baik. Selain itu, pastikan kamu menyimpan sepatu berbahan suede dalam keadaan kering dan tidak lembab, agar nggak timbul jamur dan bau nggak sedap. 

Nah, itu tadi cara merawat sepatu bahan suede, Crews. Mudah dan simple nggak sih? Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk save, share dan coba langsung di rumah ya! Kalau kamu mengalami kesulitan dalam menghilangkan noda pada sepatu suede kamu setelah mencoba cara di atas, Mincrew sarankan untuk langsung dibawa ke tempat perawatan sepatu profesional ya. 

Kalau kamu tertarik untuk punya koleksi sepatu berbahan suede, kamu bisa cek koleksi dari FOREVER YOUNG CREW Footwear di sini 👟

Leave a comment

Your email address will not be published..

Cart

Your cart is currently empty.

Start Shopping

Select options